Close

21 Januari 2021

Cara Menarik Perhatian Audiens Saat Public Speaking

https://youtu.be/ZzApnMIKleY

Ketika seorang pembicara berdiri di atas panggung.Hal pertama yang saya ajukan pertanyaan di dalam kepala saya 

 Siapa anda? Mengapa saya perlu mendengar apa yang anda sampaikan?

Atas dasar inilah Saya menyadari,  hal terpenting dilakukan seorang pembicara ketika memulai presentasi ataupun public speaking nya adalah menjelaskan kepada para pendengar, apa manfaat yang akan diperoleh oleh para pendengar?

Hal ini supaya audiens menjadi tertarik  dan mau menyimak pesan yang kita sampaikan.

Selain itu, ada tiga cara untuk menarik perhatian audiens. yaitu; melakukan kontras selama public speaking kita.

Yang pertama kontras dari sisi penyampaian. 

Kontras penyampaian adalah menciptakan perbedaan dan variasi baik dari segi visual maupun auditori.

Hal ini menjadi alasan kenapa pada saat kita berbicara, kita perlu menggunakan ekspresi dan bahasa tubuh. Supaya, antara satu pesan dengan pesan yang lain audiens bisa mendapatkan perbedaan, baik ekspresi atau simbol bentuk gerakan tangan kita, untuk menguatkan pesan yang kita sampaikan.

Pun demikian dengan vokal atau suara kita. Audiens sangat sangat membutuhkan suara pembicara yang mengandung variasi: Irama, intonasi, tempo, Juga emphasis alias penekanan kata.. 

Bayangkan dan imajinasi kan, Anda menyimak seorang pembicara di mana cara dia berbicara, suaranya persis seperti narator Google Maps atau Google Translate.  Datar flat dan monoton.

Jika ini terjadi terus-menerus, maka saat itulah audiens mulai hilang antusiasme dan ketertarikan kepada kita.

Yang kedua Kontras dari sisi konten. 

Pada hakekatnya,  pendengar tidak menuntut bahasan yang bombastis. Akan tetapi mereka berharap untuk mendengarkan informasi sesuatu yang baru bagi mereka. Juga sesuatu yang ada korelasi langsung dengan mereka. 

Hal yang baru inilah akan menjadi konten yang kontras. Termasuk di dalamnya cara mengungkapkan idea atau cara menarasikan sebuah pesan.

Contohnya;  saya bisa saja berpesan kepada para pendengar “Gunakanlah cerita pada saat anda berbicara”. Informasi ini bukanlah sesuatu yang baru bagi pendengar. Bahkan dari dulu sudah pernah menyimak dalam konteks public speaking, supaya audiens mengingat pesan kita ucapkan maka perlu dibungkus dengan sebuah cerita.

Lalu bagaimana cara agar pesan ini menjadi konten yang kontras.  Maka kita bisa mengkomunikasikannya dengan cara;

Sebuah penelitian dilakukan di laboratorium bahasa di Rusia. Para peneliti meletakkan alat seperti EEG di bagian kepala para responden. Mereka diminta untuk menyaksikan film dengan durasi dua jam. Lalu tugas mereka adalah menceritakan kembali kepada kelompok yang berbeda, dan belum pernah menonton film sama sekali.

Para responden pendengar cerita dari kelompok responden yang menonton film secara langsung. Juga diletakkan alat di kepala mereka. Hasilnya ternyata, ada bagian otak merespon dan bereaksi yang sama.

Baik yang dialami oleh responden yang menonton film secara langsung maupun responden 

yang mendengarkan cerita dari orang yang menonton secara langsung. 

Iinilah dampak yang akan terjadi pada saat kita menyampaikan cerita dalam public speaking. Apa yang ada dalam kepala kita dan apa yang akan kita rasakan. Begitu pun akan dialami dan dirasakan oleh para pendengar. Oleh karena, itu gunakanlah cerita dalam public speaking anda.

Kontras yang ketiga adalah emosional. 

Kontras yang ini membutuhkan tantangan.Karena kita perlu membuat kesan berbeda dari pertama dia datang atau sebelum dia mendengar apa yang kita sampaikan.Supaya mendapatkan reaksi emosi yang berbeda.

Entah berupa antusias, semangat, sedih, enlightenment,  gembira dan bahkan sebuah komitmen yang mereka dapatkan setelah selesai menyimak apa yang kita sampaikan.

Inilah kontras yang bisa kita lakukan untuk menarik perhatian audiens pada saat public speaking.

Total Page Visits: 762 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Klik Tombol Ini Untuk Info Detail / Daftar Sekarang!